Explorer Malang ( Waterfall ) #HISDomesticHoliday


#HISDomesticHoliday




Shootby : me

Putuk Trunu..

Terlihat dari tampilan foto yang saya unggah, setapak jalan ini terlihat sudah aman dilalui bagi para pengunjung. Yap! bener banget, lokasi ini memang sudah sangat teramat aman untuk dilewati wisatawan, dengan pemandangan sebelah kanan dan kiri yang begitu cantik, jadi sangat betah sekali, untuk snap berulang kali, mengabadikan perjalanan saya ke lokasi air terjun Putuk Trunu, Malang, Jawatimur. Untuk mengetahui sejarah mengenai putuk trunu ini sudah banyak sekali yang telah mengulas asal-usul nama putuk trunu ini.  Tanpa waktu senggang dan dana yang cukup, saya bukan tipe manusia yang suka berpergian kesana kemari, dengan postingan foto-foto yang menawan, andai saja pekerjaan itu saya mendapatkan bayaran, alangkah bahagianya hidup ini, hehe.

Fasilitas yang sudah disediakan ditempat ini adalah, tersedianya toilet atau wc (umum), bangku dan kursi yang terbuat dari batang pohon, untuk tempat beristirahat, dan juga terdapat warung kecil untuk melepas dahaga dan rasa lapar..
Jarak yang ditempuh juga nggak begitu jauh (menurut saya), jadi recomended buat kalian yang mau mencoba travelling ringan atau pemula..

Putur Truno (waterfall)
Shootby : me


Nah.. kalau uda liat yang satu ini, nggak bakal nyesel kesini. Perjalanan yang tidak terlalu berat, terdapat fasilitas yang dibutuhkan bagi wisatawan, serta air terjunnya uda bisa buat oleh-oleh sebagai hasil foto yang oke banget. Selain suguhan pemandangan yang memanjakan mata seperti pada gambar di atas, ternyata sejarah dari putuk truno ini, cocok banget buat kalian yang masih berstatus single atau jomblo, hahaha... #oops! (ngetawain dirisendiri), atau yang sedang menunggu belahan jiwa yang tak kunjung hadir, atau buat kalian yang sudah berstatus menikah! . Karena apa?, karena dilokasi bertuliskan " Dipercayai orang yang berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan berkah Cinta Yang Abadi." kalau saya mah hal baik begini saya amiiinkan saja..... aamiin...!

sejarah putuk truno


Untuk pemburuan air terjun selanjutnya, saya memilih referensi  dengan mengandalkan sosial media, apalagi kalau bukan Instagram. Berbagai macam pilihan akun untuk menemukan wisata alam di malang begitu banyak, dan akhirnya pilihan saya jatuh pada lokasi sumber 7. Dari namanya saja sudah bikin saya penasaran " sumber 7 ". Sesampainya di tempat tujuan, tidak di sangka-sangka, lokasi ini lumayan menantang juga. Menempuuh perjalanan kurang lebih 1.5 jam, membuat saya semakin penasaran dengan wujud air terjun di sumber 7 ini. Lebih uniknya lagi, selama perjalanan yang saya lewati terdapat abang tukang ojek yang riwa-riwi naik turun bukit untuk mengantarkan wisatawan. huaaa "seram" sekaliii. Nggak kebayang, karena sebelah kanan dan kiri saya ini jurang dan tebing-tebing yang menjulang tinggi, hebat nih warga sekitar sini mencari nafkahnya, memacu adrenalin banget!. Nah, buat kalian yang mau lihat seperti apa cuplikan perjalanan saya ke sumber7, Coba cek video saya dibawah ini. Video ini hanya sebagian saja, saat saya hampir tiba di lokasi sumber7.





Air terjun utama sumber7
Pemandangan yang benar-benar memanjakan mata!, terbayar sudah rasa lelah saya selama perjalanan. Saya puaskan waktu saya untuk menikamati  pemandangan utama yang disuguhkan pada lokasi wisata sumber 7.Potret sana-sini, "cekrek" berkali-kali, sampai diri nggak sadar, teman saya sudah nongol masuk dalam jepretan saya. hahaha. Ooops lagi apa dia ya?!. 

Terbuai dengan keindahan alam semacam ini, sampai pada akhirnya, adik saya mengarahkan saya pada sumber 7 yang sesungguhnya. Bergegaslah saya menuju lokasi yang dituju. TIdak jauh dari lokasi air terjun utama ini. Menyebrangi jembatan kayu yang kecil, seperti yang terlihat pada gambar foto saya di atas, lalu menaiki anak tangga yang beralaskan tanah dan bebatuan dan sedikit licin. Step akhir menyebrangi jembatan kecil yang terbuat dari kayu lagi, dengan kondisi di bawah jembatan adalah arus sungai yang deras. WOW!!! its amazing right!!!. Memang susah payahnya suatu perjalanan yang kita tempuh, hasilnya tidak akan mengecewakan. I can't move on from here!, pemandangan ini benar-benar memanjakan mata saya, membuat relax pikiran saya, jiwa saya tenang, hatipun senang!. Yap, seperti pada gambar foto di bawah ini, gimana? cantik bukan?!. Rasa ingin menikmati air, tapi apa daya, saya nggak bawa baju ganti, saya hanya bisa dokumentasi saja, sedih sekaliii. YaAllah,Subhanallah, nikmat mana lagi yang akan engkau dustakan wahai saudara/saudari ku..

Its heaven! sumber 7, Malang, Jawatimur


sumber 7, terdapat 7 sumber mata air.

MINI WATERFALL @sumber7

Di lokasi wisata ini, kalian nggak perlu khawatir dengan ada tidaknya toilet, penjual minuman atau makanan ringan, (kalau kalian lupa bawa barang penting ini saat perjalanan), setiap langkah beberapa meter yang kita tempuh akan ada pos-pos yang menjual minuman dan makanan ringan, akan tetapi untuk urusan toilet, kalian harus menempuh perjalanan sampai ke pos akhir, dan saya ingat-ingat lagi, kurang lebih ada 3 pos yang tersedia disini. Tapi ingat! tetap jaga perilaku baik dan lestarikan keindahan alam yang kita jumpai ya guys!, jangan buang sampah sembarangan!. Remember it!
Nggak kerasa sudah sore aja nih, dan pada akhirnya sayapun harus kembali ke kota, karena waktu sudah menunjukkan pukul set.4 sore. Sedih sekali.. 
Baiklah, saya dan teman-teman sepakat menggunakan gojek, ehh abang ojek, dalam perjalanan kami untuk kembali. Maaf saya tidak videokan bagian perjalanan pulang, karena terlalu seraaaaamm sekali!, naik turunnya perjalanan, bebatuan, dan ada beberapa spot yang licin, yang bisa saya lakukan hanyalah istigfar sebanyak-banyaknya. Ingat! karena kanan kiri saya pemandangan yang membuat saya merinding berkepanjangan, terdapat jurang dan juga tebing, pikiran aneh mulai muncul tapi kembali istighfar lagi, dan sampailah kami dengan selamat dan mulut masih "komat-kamit", apaan lagi bahasa komat-kamit. Okey! sekian dulu cerita ala saya selama perjalanan  ke sumber 7 ini. Semoga bisa menjadi bahan refrensi kalian saat liburan selanjutnya..

Happy new year everyone!